Sunday, April 28, 2013

Desain Ruang Tamu Rumah Minimalis



Desain Ruang Tamu Rumah Minimalis

Ruang tamu tentunya satu hal yang wajib ada di sebuah rumah. Entah itu rumah minimalis atau rumah yang tidak minimalis. Karena pasti ada suatu masa dimana teman atau kerabat anda bertamu ke rumah anda. Tidak mungkin jika anda mempersilahkan mereka langsung masuk ke rumah yang merupakan tempat privasi anda, tentunya harus ada ruang khusus, agar para tamu bisa nyaman bertamu dan pemilik rumah pun tidak terganggu dengan kehadiran tamunya.

Bagi anda yang ingin ruang tamu anda menjadi lebih bagus, seperti yang telah dibahas di post sebelumnya tentang desain interior rumah, tentu anda harus pandai – pandai menempatkan segala macam furniture yang mengisi ruang tamu anda dengan serapi mungkin. Selain itu anda harus juga mengupayakan kebersihan rumah anda.

Bagaimana cara mensiasatinya?

Untuk ruang tamu yang ukurannya cukup besar, tentunya akan lebih menguntungkan karena anda bisa mengisinya dengan berbagai furniture. Tapi untuk rumah minimalis, ruang tamu biasanya jugaberukuran mini, untuk itu anda harus pintar memilih beberapa benda pokok yang harus dan wajib ada. Misalnya : meja, kursi/ sofa, lampu dan juga hiasan. Disini agar efektif, yang perlu anda perhatikan adalah masalah bentuk, dan juga warna. Meja dan sofa anda sebisa mungkin warnanya sama atau jika tidak warnanya pas. Untuk bentuknya anda bisa mencari yang unik. Anda bisa melihat contoh gambarnya dibawah

Usahakan juga ukuran dari semua itu cukup untuk 5 orang setidaknya, karena bagaimanapun juga ruang tamu adalah tempat untuk tamu, bukan untuk anda semata. Jadi harus diberikan space yang cukup jika tamu yang datang ada banyak. Juga penting untuk diperhatikan adalah ruang tamu harus diberi tambahan sekat sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang keluarga. Ruang keluarga adalah tempat privasi anda bersama keluarga anda, jadi akan lebih baik jika anda memberi sekat berupa tirai, atau pun pintu.

Untuk hiasan sendiri anda bisa meletakkan meja kecil, untuk tempat meletakkan pajangan atau lampu. Dimeja ruang tamu, anda juga bisa menambahkan vas bunga kecil dan jangan lupa berikan taplak meja yang cantik, atau jika perlu anda bisa memasang kipas angin di atas untuk kenyamanan tamu anda. Khususnya jika anda tinggal di daerah yang berhawa panas. Jangan lupa  sediakan juga tempat minum (minuman gelas)  yang bentuknya unik sebagai penghias, sehingga bisa memiliki dua fungsi yaitu sebagai tempat minum dan juga pemanis ruangan. Untuk dinding ruang tamu, sebenarnya polos bisa bagus tapi lebih mantap lagi jika anda meggunakan walpaper. Kesannya akan lebih artistik. Ditambah lagi jika anda bisa menempel lukisan atau hiasan dinding lain. Maka sempurnalah ruang tamu anda.

Selain ruang tamu indor sebaiknya anda juga menyediakan kursi tamu di halaman rumah anda. Jadi ketika ada tamu datang bisa memilih untuk bertamu di dalam atau diluar rumah, untuk yang resmi bisa di dalam tapi untuk yang tidak terlalu resmi bisa diluar rumah. Untuk konsep ruang tamu diluar rumah ini lebih simpel, anda hanya perlu menyediakan meja kecil dan dua kursi saja cukup, selain itu tambah juga dengan taman minimalis agar kesannya menjadi lebih nyaman.

Demikianlah sedikit tips untuk mensiasati ruang tamu minimalis anda. selamat mencoba

No comments:

Post a Comment