Monday, April 8, 2013

11 Jenis Rumah Tradisional Di Indonesia



11 Jenis Rumah Tradisional Di Indonesia

11 Jenis Rumah Tradisional Di Indonesia

Rumah tradisional adalah jenis rumah yang biasanya sudah ada sejak jaman dahulu, Namanya juga tradisional maka pasti hasil warisan tradisi. Biasanya ciri khas yang melekat pada rumah tradisional adalah memiliki struktur yang sama untuk tiap daerah (sekaligus menunjukkan ciri khas daerah tersebut) dan adanya adalah turun temurun hasil warisan nenek moyang daerah yang bersangkutan.

Apakah rumah tradisional hanya ada di Indonesia?

Tentu tidak

Jenis rumah seperti ini ada disetiap negara, termasuk di negara Indonesia.  Anda tentu tahu bukan tayangan tayangan di televisi yang biasanya menyajikan video tentang sejarah mesir kuno, tradisi jepang dll?

Sebenarnya jika anda cermati mereka juga membahas atau setidaknya menampilkan gambar desain rumah rumah tradisional hasil peninggalan jaman dahulu. Jadi intinya rumah tradisional pasti ada disetiap peradaban, rumah tradisional di Indonesia hanya salah satu dari sekian banyak hasil karya orang jaman dahulu yang diwariskan hingga sekarang.

Di Indonesia sendiri rumah tradisional ada banyak, kurang lebih ada 11 jenis rumah tradisional yang harus anda ketahui. Untuk itu di posting kali ini saya akan membahas tentang 11 Jenis Rumah Tradisional Di Indonesia. Oke? selamat membaca

Seperti yang kita tahu Indonesia adalah negara yang amat sangat kompleks. Di negara ini berbagai keragaman dapat ditemui , mulai dari bahasa, budaya, seni, suku bangsa dll. Karena masyarakat Indonesia yang beragam itu maka tidak heran jika gaya hidupnya pun bermacam macam, Hal ini akhirnya mengakibatkan adanya keberagaman dalam menentukan jenis rumah yang mereka tempati.

Jaman dulu tentunya pengetahuan tentang rumah tidak seperti sekarang. Orang jaman dulu tidak terlalu memikirkan variasi, tetapi lebih mementingkan masalah adat. Jika anda cermati, mulai dari gaya bicara, berpakaian dan juga gaya hidup yang dijalani oleh masyarakat tradisional, merupakan warisan leluhur yang sudah turun temurun. Sehingga jika anda berkunjung ke daerah daerah tertentu khususnya daerah pedalaman, anda pasti menemui ciri khas tersendiri yang berbeda dari daerah lain. Ciri khas itu seringkali diwujudkan dalam bentuk simbolis, bisa melalui pakaian/ penampilan maupun dalam wujud lain yang bisa dilihat oleh mata telanjang.

11 Jenis Rumah Tradisional Di Indonesia
masyarakat adat

Dalam hal ini,  rumah adalah salah satu bentuk media yang hampir pasti dipakai untuk menunjukkan ciri khas suku bangsa yang bersangkutan. Setiap suku bangsa yang ada di Indonesia bahkan diseluruh dunia memiliki jenis rumah tradisional tersendiri yang unik. Untuk itu saya akan membahasnya satu persatu untuk anda agar anda mengetahui keunikan tiap tiap rumah tradisional yang sebenarnya bisa dijadikan inspirasi dalam membangun tipe-tipe rumah modern. Berikut ini adalah daftar rumah tradisional yang ada di Indonesia, silahkan anda klik linknya untuk mendapatkan informasi yang lebih detail:

 11 Jenis Rumah Tradisional Di Indonesia

Rumah Betang

Honai

Joglo

Rumah Melayu

Omo Sebua

Rumah Baloy

Rumah Banjar

Rumah Gadang

Tanean Lanjhang

Tongkonan

Uma

Semoga artikel 11 Jenis Rumah Tradisional Di Indonesia ini bermanfaat untuk anda, baca artikel tentang rumah lainnya di homeinteer

No comments:

Post a Comment